Tips Agar Blog Tidak di Copy/Paste Orang Lain

by !Khan on September 23, 2010

Sakit hati! Itu yang dirasakan ketika tulisan-tulisan kita banyak sekali di copy-paste oleh blogger lain, apalagi tidak memasang link balik pada artikel asli kita. Membuat artikel dengan susah payah, berfikir hingga berkeringat, bahkan satu artikel selesai dalam tiga hari, eeh malah di copy paste seenaknya!! “Bagaimana cara agar tidak di copy paste ya???”, akhirnya pertanyaan itu muncul di setiap benak blogger yang senang dengan originalitas!! meskipun sebenarnya makna kata original itu bias, namun setidaknya megetik dengan jari sendiri kan lebih dihargai daripada memblock semua tulisan buatan orang lain, klik kanan, copy dan paste!

Sebenarnya kesadaran diri yang harus dimiliki oleh semua blogger, dimanapun itu. kemarin saya malah nulis tips untuk copy paste, sekarang nulis tips biar tidak di copy paste. haha… Tapi itu semua mendorong agar blogger Indonesia semakin kreatif, bukan hanya mencopy paste saja, namun membumbuhi buah karya, pendapat diri sendiri terhadap tulisan yang di copy paste. :) Baiklah, kembali lagi ke tips supaya blog kita tidak di copy paste oleh orang lain.

Berikut ini tips yang saya pikirkan agar blog tidak dicopy paste, setidaknya untuk mencegahnya.

  1. Menuliskan sebuah artikel dilarang copy paste, dengan alasan-alasan kenapa harus tidak copy paste blog kamu. Lalu tulis itu di sebuah menu tersendiri, atau tulis teks di sidebar kamu sebagai intro, kemudian buat link ke artikel utama tentang copy paste. Beri penjelasan yang sopan, dan tuliskan “lebih baik memakai link trackback/linkback saja apabila artikel saya berguna untuk referensi”. Cara ini mungkin terlihat sederhana, namun lumayan efektif untuk mencegah copy paste bagi orang yang “punya hati dan empati”. :)
  2. Bagi pengguna WordPress, ada beberapa plugin untuk mencegah copy paste. Jadi si pembaca tak bisa klik kanan pada blog kamu, coba aja dulu. Kalau efektif, silakan dipertahankan, kalau menurutmu jelek silakan dibuang. Tapi pluginnya berbintang 4-5 kok, jadi aku kira plugin ini bagus. :) Plugin ini bernama WP-PreventCopyBlogs [Protect your WordPress Blogfrom fraudulent copies] atau satunya lagi Copyright Proof. Belum bisa menginstall plugin? Baca: cara install plugin otomatis di WordPress.

Aku kira dua cara diatas sudah mampu mengurangi copy paste blog. Namun sekarang ini masalahnya si peng-copy paste memiliki jalan baru dalam trik copy/paste, yaitu dengan menggunakan RSS feed fleching. Alias mencuri feed, artikel saja secara otomatis dan memposting blognya secara otomatis juga. Memang ini kelebihan WordPress, namun tidak akan aku ajarkan disini, nanti malah kasihan sama yang sudah berfikir panjang untuk menulis artikel. Aku hargai dan dukung mereka yang mau menulis sendiri karya-karya di blognya!!

Go Go Blog!!

Kata kunci untuk menemukan artikel ini:

agar blog tidak bisa di copy paste, cara agar blog tidak bisa di klik kanan, agar blog tidak bisa di copy, cara membuat blog tidak bisa di klik kanan, agar blog tidak di copy paste, cara agar tulisan di blog tidak bisa di copy, cara membuat blog agar tidak bisa di copy paste, supaya blog tidak bisa di copy, mencegah copy paste blog, agar blog tidak bisa klik kanan


Percakapan

Previous post:

Next post: