Cara Menginstall WordPress pada Localhost dengan XAMPP

by !Khan on Agustus 3, 2010

Menginstall WordPress di localhost atau menginstall di komputer memang sangat diperlukan saat kita ingin melakukan percobaan-percobaan dengan blog WordPress sebelum diupload pada hosting. Sebelum online dan bisa diakses jutaan orang di dunia, kita wajib menguji coba blog kita dahulu. πŸ˜‰ Untuk keperluan percobaan plugin dan WordPress themes misalnya, daripada terjadi error nantinya apabila langsung diupload.

Disini saya akan memaparkan cara menginstall WordPress di localhost komputer dengan sistem operasi Windows. Bisa Windows XP, Windows Vista, maupun Windows 7. Soal menginstall di ubuntu/Linux, mohon maaf saya belum mencobanya. Ok, langsung saja langkah-langkahnya yuk!

Menginstall XAMPP pada Windows

XAMPP adalah sebuah software gratisan yang fungsinya untuk menjadikan komputer Anda menjadi server. Nah, dalam menginstall WordPress, diperlukan adanya server iniuntuk membaca/memanggil script php pada WordPress. Apabila belum memiliki XAMPP pada komputer Anda, silakan download XAMPP pada situs resmi XAMPP.

Setelah rampung mendownload XAMPP, silakan menginstallnya. Silakan pilih path pada komputer Anda, boleh pada drive C atau D. Pada tutorial kali ini, saya akan menginstall XAMPP pada drive C komputer. Double click pada XAMPP installer. Berikut ini screenshot installasi XAMPP:

install xampp di drive C

Setelah selesai proses installasi, silakan buka XAMPP Control Panel. Biasanya nanti muncul XAMPP Control Panel di pojok kanan bawah layar komputer Anda. Aktifkan duamenu teratas pada XAMPP tersebut, yaitu menu Apache dan MySQL seperti pada gambar berikut:

aktifkan apache dan mysql

Pada saat mengaktifkannya, biasanya muncul Windows Firewall yang memblokirnya. Klik pada “unblock” menu tersebut supaya Apache dan MySQL bisa jalan. πŸ˜‰

Setelah selesai menginstall XAMPP, bukalah browser Anda dan ketikkan “localhost” tanpa tanda petik pada tab browser. Apabila sukses, maka akan muncul layar seperti berikut:

sukses install XAMPP

Selamat, XAMPP berhasil terinstall di komputer Anda! πŸ˜‰ Sekarang waktunya menginstall WordPress pada komputer!

Menginstall WordPress di Komputer Sendiri

Pada menu XAMPP gambar diatas, terdapat berbagai pilihan bahasa. Nah, langsung saja pilih yang bahasa Inggris. Eits, sekarang sudah download WordPress versi terbaru belum? Kalau belum, silakan download WordPress versi terbaru disini. Setelah download WordPress selesai, pastikan ukurannya sekitar 2.8Mb (pastikan tidak corrupt). Simpan file zip WordPress tersebut pada C >> xampp >> htdocs. Kemudian klik kanan, pilih menu ekstrak disini atau extract here. Screenshotnya sebagai berikut:

ekstrak file wordpress

Oke, sekarang waktunya kembali ke browser “localhost” tadi. Setelah memilih menu “English”, maka akan muncul berbagai menu. Pilih satu saja menu, yaitu phpMyAdmin.

phpMyAdmin

Klik, setelah itu akan muncul layar seperti ini:

buat database wordpress

Isi kotak “create new database” dengan kata “wordpress” tanpa tanda petik seperti pada gambar dan klik “create” yang ada di sebelahnya. Setelah sukses, akan muncul layar:

wordpress database created

Nah, sekarang saatnya mengetik alamat localhost/wordpress pada browser Anda! πŸ˜‰ Akan muncul menu installasi WordPress disana, yang harus Anda lakukan agar install WordPress di komputer sukses adalah mengisi kolom instalasi sama dengan berikut ini:

install wordpress di localhost

Ikutilah petunjuknya, mengisi username dan password untuk login pada dashboard, hingga muncul halaman login dan baam!! Selamat Anda berhasil menginstall WordPress di komputer alias di localhost.
cara mengintall wordpress di localhost berhasil

Apabila masih ada yang kurangΒ  jelas, sampai jumpa pada kolom komentar ya! πŸ˜‰

Kata kunci untuk menemukan artikel ini:

cara instal wordpress, cara install wordpress di localhost, cara install wordpress, cara instal wordpress di localhost, cara install wordpress di xampp, instal wordpress di local host xampp, cara instal wordpress di xampp, cara instalasi wordpress, cara instal wordpress localhost, cara menginstal wordpress di localhost


Percakapan

Previous post:

Next post: