Cara Merubah URL WordPress Menjadi www

by Subkhan on July 20, 2010

Cara mengubah URL menjadi www atau tanpa www sebenarnya sangat mudah. URL sebuah website/blog biasanya depannya ada www-nya, atau tanpa www. Seperti blog tutorial WordPress, diWordPress.com ini saya pilih tanpa www agar mudah dibaca dan lebih pendek. Namun apabila Anda menulis www.diwordpress.com pada browser, nanti tetap akan menuju ke blog ini kok. ;-) Ini bukan soal baik-buruknya (soal SEO, mungkin), namun hanya soal suka atau tidak suka terhadap alamat blog dengan www atau tanpa www. ;-)

Saya menulis tutorial merubah alamat url menjadi www ini karena mendapat request dari seorang teman, tepatnya pada artikel yang berjudul “Langkah Awal Membuat Blog di WordPress Self Hosting“. Dia baru saja menginstall WordPress, langkah yang tepat menanyakan ini pada awal setelah menginstall WordPress.

Memang mengubah url dengan www atau tanpa www itu sangat penting dilakukan pada awal ngeblog. Karena ini berpengaruh pada SEO, apabila dari awal blog Anda tidak menggunakan www awalannya, lalu diindeks oleh Google, maka yang disimpan dalam Google cache adalah alamat blog Anda yang tanpa www. Apabila tiba-tiba Anda merubahnya dengan awalan www, maka blog Anda akan tidak muncul dalam pencarian Google untuk sementara waktu. Namun jangan khawatir, hal itu paling lama bertahan selama satu minggu saja kok. ;-)

Cara Merubah URL WordPress Menjadi www.blogsaya.com

Ok langsung saja, untuk WordPress 3.0, sama kok caranya. ;-) Pertama masuk ke menu Settings >> General. Disana akan ada panel seperti pada gambar berikut:

cara merubah url blog dengan www

Rubah kedua alamat diatas yang semula tanpa www, menjadi dengan www. Setelah itu save changes, dan kemudian Anda akan Log Out secara otomatis dan alamat blog Anda sudah berubah menjadi www.alamatblog.com. Sangat amat mudah sekali bukan? :p Oh iya, jangan lupa merubah permalink WordPress juga agar lebih SEO friendly! ;-)

Kata kunci untuk menemukan artikel ini:

merubah wordpress menjadi com, mengubah wordpress menjadi com, cara merubah wordpress menjadi com, merubah blog menjadi website, cara mengubah blog menjadi website, cara merubah blog menjadi website, wordpress jadi com, merubah url, cara merubah wordpress com menjadi com, cara mengubah wordpress menjadi com

Artikel yang "mungkin" berhubungan:

  1. Cara Merubah Read More Menjadi Klik Disini, Selanjutnya, Selengkapnya, dll
  2. Cara Merubah Blog Menjadi Com
  3. Cara Merubah Permalinks WordPress agar SEO Friendly
  4. Cara Menambah, Install Plugin WordPress Otomatis
  5. Design WordPress Theme, Seberapa Pentingkah?
  6. Cara Menginstall WordPress pada Localhost dengan XAMPP
  7. Word This: Cara Posting Artikel Blog WordPress Lewat Google Chrome
  8. Cara Mengetahui Artikel Asli atau Copy Paste

{ 23 comments… read them below or add one }

d'amateur July 21, 2010 at 1:31 am

Thanks postingnya sob, tapi ada pertanyaan lagi nih heheee…. cerewet ya?, di blog saya yang lama tepatnya yang pake blogger, blog saya ini pake awalan www, tapi ketika cek backlink dengan menggunakan www ini backlink masih nol, di Alexa juga linknya masih tertulis ‘no data’ terus saya coba cek backlink tanpa www backlinknya udah seribuan, gimana nih sob, ngaruh nggak di SEO? terus bagusnya pake www apa tidak ya? mumpung belum saya setting nih…

Reply

Beckz Sumitomo July 21, 2010 at 12:23 pm

ya kalau backlinknya terlanjur yang tanpa www, mendingan disetting tanpa www aja mas. Bagus tidaknya sesuai selera kok, ndak berpengaruh sama SEO. Kan kalau ada www-nya, bisa imbang antara depan belakang “www” dan “com”, hehe… yang terpenting sbenarnya pilih satu saja, dan jangan diubah-ubah ;-)

Reply

deva July 23, 2010 at 4:24 am

klo masukin code di wordpress gmn ya ??

Reply

Beckz Sumitomo July 24, 2010 at 9:29 am

pada postingan cara menulis di wordpress, ada gambar yang menunjukkannya mas. yaitu gambar ke-3 dari atas. nah dipojok gambar tersebut ada dua pilihan postingan. yang pertama menulis dengan mode visual dan selanjutnya mode HTML. Pilih saja mode HTML, nanti di dalamnya ada menu “code”. Itu buat nulis kode di WordPress mas. semoga bisa membantu. ;-)

Reply

siti rukmini July 26, 2010 at 11:00 am

Met kenal mas Beckz, bagus benar nih isi bloggnya saya rencana mau buat blogg tapi karena pemula masih perlu belajar, kalau beli domain ama hosting boleh ndak bersamaan daftarnya untuk pembelian.tks…..

Reply

Beckz Sumitomo July 28, 2010 at 2:19 pm

boleh kok mbak, malah enak kalo sekali beli langsung domain dan hostingnya. soalnya nam server tidak usah diubah dan langsung install wordpress saja ;-)

salam kenal juga mbak Siti! :)

Reply

didik August 3, 2010 at 5:45 am

Gimana menghilangkan wordpress.com berubah menjadi saya.com,
thank

Reply

Beckz Sumitomo August 3, 2010 at 12:55 pm

coba baca artikel saya tentang domain hosting mas…. atau lebih lengkapnya masuk saja pada kategori tutorial membuat blog mas —> http://diwordpress.com/category/tutorial-membuat-blog/

tutorial disini memang untuk yang langsung memakai alamat saya.com mas Didik. ;-)

Reply

rere November 6, 2010 at 6:53 pm

mas di wordpress bisa di tambahkan tombol pemesana tdk mas
dan gimana cara tambah tobol like fb di wordpress yg localhost
mohon bimbingannya,,,

Reply

awi December 4, 2010 at 3:30 pm

kalau untu ucoz gimana om…
dah pening nie…
mohon bantuan nya

Reply

Subkhan December 9, 2010 at 4:58 am

Sama aja kok bos :) coba cek settingan name server buat nyambungin domain dan hostingnya. :)

Reply

imam December 17, 2010 at 10:50 am

klo aku situsnya http://www.ytf1.com/wordpress/
nah cara ngilangin /wordpress itu gmn ya bos..?
mohon solusinya….
thanks

Reply

Subkhan December 17, 2010 at 11:40 am

baca saja semua tutorial dari awal mas, di kategori tutorial membuat blog ;-)

oh iya, setelah saya liat blognya, sebenarnya sudah bener. coba baca tutorial diatas mas, ganti wordpress adress di http://www.ytf1.com/wordpress

sedangkan site adress di http://www.ytf1.com

(duh saya juga rada lupa, kalo kebalik ya silakan dibalik sendiri) nanti ada panduannya yg muncul kok mas. ;-)

Reply

imam December 17, 2010 at 12:50 pm

uda aku coba bos tapi aku save eh malah not found.. g bisa di buka lagi dah wordpressnya harus di delete dari cpanel terus instalasi ulang :(

Reply

Subkhan December 17, 2010 at 12:57 pm

mending gitu mas. install ulang aja. terus ekstrak wordpress jangan di folder wordpress, langsung aja di root (public_html)

Reply

maya endah January 20, 2011 at 12:50 am

ketika saya mw coba menginstal smiley pada menu plugin terjadi error dengan ket Fatal error: Maximum execution time of 60 seconds exceeded in E:\xampp\htdocs\wordpress\wp-includes\class-http.php on line 1060

bagaimana cara menagtasinya?

Reply

Subkhan January 21, 2011 at 1:35 am

itu koneksi internetnya mbak. Coba saja download plugin secara manual dari wordpress.org dan install secara manual pula. :)

Reply

zibriel February 7, 2011 at 12:40 am

sebelumnya mohon maaf mungkin pertanyaanya tidak sejalan dengan judul postingan diatas, saya ada kendala dalam pembuatan website dan saya juga sedang tenggelam dalam kebingunan,,ada beberapa masalah tentang pembuatan website yang saya masih kebingungan, diantanya :
1. kalau cara merubah .co.cc ke “namawebku.wordpress.com” caranya gmn? soalnya saya udah punya domain co.cc dg hosting “000webhost.com”, lalu di installin ke wordpress,tapi anehnya kok alamatnya “namawebku.co.cc” bukan “namawebku.wp.com”, trus login ke wordpresnya untuk pengeditan jg alamatnya bukan wordpress.com tapi “http://tovudezibriel.co.cc/wp-login.php?loggedout=true”, baru bisa login. supaya bisa login ke WP dengan alamat WP.COM caranya seperti apa? diwebsite itu saya sudah memosting beberapa kategori, tapi setelah postingan tersebut saya cari di google tidak ketemu, apakah pencarian tersebut ada hubungannya dengan SEO? tapi jika langsung mengetik alamatnya sih ketemu.

2. saya juga mempunyai domain wordpress.com yang alamatnya “tovudezibriel.wordpress.com” tetapi tidak mempunyai hosting, waktu pembuatan wesite “namawebku.wp.com” itu saya langsung registrasi ke websitenya, tidak melalui co.cc terlebih dahulu, pertanyananya gmn supaya website tersebut punya hosting?

3. untuk pembuatan website contohnya di wordpress itu step by stepnya seperti apa ? (misalnya registrasi ke domain co.cc terlebihdulu, selanjutnya registrasi hosting lalu install ke WP),
Maaf pertanyaanya banyak, saya harap om/abang bisa beri saya petunjuk sebelumnya terimakasih dan mohon dijawab

Reply

be4rt April 24, 2011 at 4:07 am

baru saja saya bingung dg index google ttg www dan tanpa www, bingung nyari karna yg keindex di google waktu ferifikasi pertama saya tanpa www dan ternyata waktu saia cari dg site:www.domainkita.com sama sekali tidak terindex satupun padahal klo pake site:domainkita.com terindex dan akhirnya ulangi ferifikasi lg, dan selesailah sudah

yg saia tanyakan gimana biar di url domain ttp bisa di buka dg www ataupun tanpa www mas?
sukur bisa kirimkan email pd saia makasih

Reply

sofwan May 2, 2011 at 10:57 pm

apakah domain co.cc dapat dimasukkan ke seluruh type wordpress.com ? trim’s.

Reply

Subkhan May 3, 2011 at 11:47 am

maksudnya gimana mas? saya malah bingung sama pertanyaannya… :(

Reply

dimas August 13, 2011 at 8:49 pm

thx you sob
penjelasannya…

blog gw ilang trafik nya gara2 ubah2 permailink, better emang pake hosting berbayar dari pada gratisan…

Reply

arief March 2, 2012 at 2:14 pm

brpa biaya buat web dg wp

Reply

Leave a Comment

{ 3 trackbacks }

Previous post:

Next post: