Apakah yang Dimaksud Plugin pada WordPress?

by !Khan on Mei 25, 2010

Apa sih plugin itu? Plugin itu apa? Guna plugin untuk apa? Bagaimana install plugin di wordpress? Pasti saat awal menggeluti blog WordPress, Anda bertanya-tanya dan selalu ingin tahu segalanya, termasuk pengertian dan kegunaan plugins ini. Bagi yang blognya sudah menggunakan wordpress, plugin apa saja yang menurut Anda bagus? 😉

Pengertian plugins menurut empunya WordPress, yaitu wordpress.org adalah:

Plugins are tools to extend the functionality of WordPress.

Bahasa Indonesianya kan kurang lebih “Plugin adalah alat-alat untuk memperluas fungsi dari WordPress”, ups maaf kalau bahasa Inggris saya kacau*. Nah, dari sini sudah bisa dibayangkan bukan kalau plugin itu berguna untuk memperluas, menunjang, dan memperbagus fungsi dari blog berbasis WordPress. Saya garis bawahi kata “memperbagus” karena tidak semua wordpress plugin bagus, namun ada pula yang bisa merusak blog Anda.

Loh kok bisa merusak? Benar, ada suatu plugin yang bekerja serba otomatis dan merekam suatu data dalam hosting Anda. Plugin ini memakan resources besar, sehingga sangat memberatkan hosting. Bila Anda memakai hosting kualitas rendah, pastilah akan down. Jadi dalam memilih plugin harus benar-benar diperhatikan.

Saya sendiri meminimalisir plugin yang saya pakai, karena kebanyakan saya tidak tahu manfaatnya (males membaca saja)*. Dengan sedikit plugin kan menghemat database hosting kita, jadi ada gunanya juga meminimalisir jumlah plugin yang digunakan lo.

Apa saja plugin yang sering dipakai?

Pada pengguna wordpress, plugin yang bagus dan sering dipakai adalah sebagai berikut:

  1. All in One SEO Pack (untuk keperluan SEO)
  2. Google XML Sitemap Generator (untuk keperluan SEO)
  3. Wp Super Cache (agar loading blog cepat)
  4. Related Post Plugin/YARRP (menampilkan artikel “senada”)
  5. CommentLuv (memanjakan komentator)
  6. Sexy Bookmarks (untuk share artikel, menampilkan icon Facebook, Twitter, Stumbleupon, Digg, dll)
  7. Akismet (untuk memblokir komentar spam)

Bagaimanakah mendapatkan WordPress plugin?

Plugin bisa didapatkan gratis atau berbayar. Namun kebanyakan disediakan gratis oleh WordPress.org. Jadi kalau ada yang gratis, kenapa harus bayar? 😉 Plugin ini juga bisa langsung Anda dapatkan dari dashboard (halaman admin) blog WordPress Anda. Caranya masuk ke panel Plugins >> Add New >> Search Plugins.

Ketikkan nama plugin yang ingin Anda install, kemudian pilih plugin tersebut. Klik Install, kalau sudah tinggal aktifkan plugin tersebut. Cukup mudah bukan? :) Karena ini juga alasan saya mengapa memilih wordpress cms sebagai mesin blog saya.

Kata kunci untuk menemukan artikel ini:

plugin adalah, apa yang dimaksud plugin, apa yang dimaksud dengan plugin, yang dimaksud plugin, kegunaan plugin, pengertian plugin, plugin pada wordpress, pengertian plugins, cara pasang plugin wordpress, yang dimaksud dengan plugin


Percakapan

Previous post:

Next post: