Cara Menulis dan Posting Di WordPress

by !Khan on Mei 22, 2010

posting di wordpressHal yang sepele, namun sering dilupakan. Bagi blogger awam, cara memposting artikel yang benar di blog WordPress kadang-kadang dipandang dngan sebelah mata. Padahal dalam tulisan kita bisa juga mempengaruhi posisi di search engine nantinya. Misalnya penambahan garis bawah, cetak tebal, memberi warna lain, dan sebagainya.

Baiklah, langsung saja pada tutorial memposting artikel di blog wordpress self hosting. Pertama login dahulu lah :p

Mengenal Panel “Post” Pada WordPress

Di bawah ini adalah screenshot dari panel blog WordPress dari kiri atas:

panel add new post
add new post panel

kolom judul dan tempat artikel ditulis

kolom judul dan tempat artikel ditulis

kolom publish
kolom publish

Apabila telah selesai menulis artikel, Anda bisa langsung mempublikasikannya atau membuat jadwal pemublikasian artikel. Misalnya saja Anda menulis 10 artikel hari ini, publikasi 10 artikel tidak baik pada kesehatan blog Anda. Jadi sehari mempublikasikan dua artikel cukup. Anda bisa mengeditnya di “Publish immidiately” menjadi tanggal publish sesuai dengan kehendak Anda.

penambahan kategori wordpress

penambahan kategori wordpress

Pilihlah kategori sesuai dengan topik tulisan Anda. Agar suatu saat memudahkan pembaca untuk mencari artikel di blog Anda. Cara menambah kategori cukup mudah, klik + Add New Category dan ketikkan nama kategori yang ingin Anda buat.

Cara Memasukkan Gambar dalam Postingan

Untuk memasukkan gambar dalam postingan blog wordpress sangat mudah. Gambar bisa diletakkan di hostig Anda sendiri (apabila hosting Anda besar kapasitasnya) atau image hosting lain untuk menjaga kesehatan hosting blog Anda (hosting lain misalnya photobucket, imageshack, facebook, blog gratisan wordpress.com/blogger.com, dll), maka yang pertama kali harus dilakukan adalah upload gambar tersebut di hosting lain itu. Disini saya sarankan mengupload gambar di Facebook, karena server Facebook sangat cepat (namun jangan pernah menghapus gambar itu lo ya? ;-)).

Setelah upload di Facebook, buka gambar itu lalu klik kanan pada gambar. Setelah itu pilih copy link URL gambar (copy image URL/copy image location).

Sudah klik di copy image location? Kalo sudah, saatnya kembali lagi ke halaman posting. 😉 Di atas kotakan posting terdapat panel-panel kecil apabila kita memilih mode “Visual” seperti gambar dibawah ini:

Menu "visual"

pilih menu "visual"

Di sebelah kiri tombol visual tersebut ada tombol-tombol lain yang gunanya untuk memasukkan gambar, video, musik, dan media. Klik pada add an image, tombol kotak paling kiri.

add an image

Setelah itu akan muncul panel seperti berikut:

pindah ke menu

Klik menu “from URL”, paste imageURL Anda tadi di tempat yang telah disediakan. Berikut screenshotnya:
panel add image from URL

Setelah itu klik tombol insert image dibawah dan.. Image dari Facebook muncul di blog Anda. 😉

Apabila Anda memiliki kapasitas hosting yang besar, Anda bisa langsung mengupload gambar dari komputer masing-masing. Jadi bukan memilih From URL, namun From Computer.

Apabila ada yang kurang jelas, silakan berkomentar disini ya?

Kata kunci untuk menemukan artikel ini:

cara posting di wordpress, cara menulis di wordpress, cara menulis di blog wordpress, cara menulis blog di wordpress, menulis di wordpress, cara posting di blog, cara memposting di wordpress, cara posting wordpress, cara penulisan URL, CARA MENULIS URL


Percakapan

Previous post:

Next post: