Apa Sih Domain Itu?

by !Khan on April 30, 2010

pengertian domain pada websiteBanyak blogger “newbie” alias blogger baru yang bertanya kepada saya, apakah yang dimaksud domain itu? Apa sih domain? Pengertian domain itu apa? Padahal setiap hari mereka berkutat pada domain, mengetik domain di browser masing-masing.

Sampai disini mungkin sudah bisa terbayang apa sih sebenarnya domain itu? Okelah, kalau masih bingung, beginilah definisi domain:

Domain adalah nama. Nama yang digunakan suatu pemilik website atau blog agar alamat website mereka mudah dihafal. Misalnya blog tutorial wordpress ini domainnya adalah diwordpress.com. Anda bisa menuju di blog ini dengan mengetikkan diwordpress.com pada Mozilla Anda, bukan begitu?

Kalau tidak ada domain, kita harus menghafal IP address setiap website yang ingin kita kunjungi. Misalnya kita ingin ke Google atau Facebook, namun Google dan Facebook tidak memiliki domain google.com dan facebook.com. Kita harus menghafal IP mereka masing-masing misalnya saja 202.2.1.12 dan 64.5.5.10. Sangat sulit bukan?

Dengan adanya domain, kita lebih mudah menghafal alamat suatu website atau blog…

Intinya: Domain adalah alamat paten suatu website, agar kita bisa membuka halaman website tertentu.

Nah, biasanya ada yang bertanya, “Apakah mendapatkan domain itu bayar?”. Jawabannya adalah tergantung. Saat ini ada yang menyediakan domain gratis maupun domain berbayar. Domain gratis kebanyakan adalah subdomain, yaitu domain utamanya sudah ada yang punya, namun dia menyediakan domain lain dengan ekstensi domain utama (Top Level Domain/TLD) tersebut.

Misalnya adalah domain gratis co.cc. Kalau kita mendaftarkan website/blog dengan domain co.cc, sebenarnya kita mendapatkan subdomain. Domain utama adalah co.cc, namun yang kita dapatkan adalah “namakita.co.cc”, namasaya.co.cc, blogsaya.co.cc, dan sebagainya. Itu disebut subdomain. Saya bisa juga membuat subdomain di blog ini, misalnya “akucakep.diwordpress.com”.

Penyedia blog gratis juga menyediakan subdomain. Sebut saja WordPress.com, Blogspot.com, dagdigdug.com, blogdetik.com, dan lain-lain. Namun adakah domain yang benar-benar gratis? Ada! dot.tk menyediakan domain gratis untuk saat ini. Jadi kita bisa mendapatkan domain “namakita.tk” secara gratis dari http://dot.tk.

Namun apabila Anda ingin serius dalam menekuni blog, sebaiknya Anda membeli domain dot com atau dot net. Suatu saat akan saya bahas di sini apa kelebihan dua Top Level Domain dot com dan dot net tersebut.

Kata kunci untuk menemukan artikel ini:

definisi domain, pengertian domain, apa sih domain itu, pengertian domain gratis, domain itu apa sih, domain gratis, apa sih domain, defenisi domain, pengertian domain name, domain apa sih


Percakapan

Previous post:

Next post: